Rabu, 14 Oktober 2015

catatan pengajian: kitab riyadush shalihin



 
1. Thaahaa

Faedah ayat:

Thaahaa Termasuk huruf-huruf abjad yang terletak pada permulaan sebagian daripada surat-surat Al Quran, ialah huruf-huruf abjad yang terletak pada permulaan sebagian dari surat-surat Al Quran seperti: Alif laam miim, Alif laam raa, Alif laam miim shaad dan sebagainya. diantara Ahli-ahli tafsir ada yang menyerahkan pengertiannya kepada Allah karena dipandang Termasuk ayat-ayat mutasyaabihaat, dan ada pula yang menafsirkannya. golongan yang menafsirkannya ada yang memandangnya sebagai nama surat, dan ada pula yang berpendapat bahwa huruf-huruf abjad itu gunanya untuk menarik perhatian Para Pendengar supaya memperhatikan Al Quran itu, dan untuk mengisyaratkan bahwa Al Quran itu diturunkan dari Allah dalam bahasa Arab yang tersusun dari huruf-huruf abjad.

 
2. Kami tidak menurunkan Al Quran ini kepadamu agar kamu menjadi susah;

Faedah ayat:

1. Ayat ini menunjukkan bahwa Al quran adalah wahyu yang turun dari langit.

2. Orang yang semakin dekat dengan al quran akan semakin bahagia, sebaliknya orang semakin jauh dari al quran akan semakin susah. Apabila suatu negeri jauh dari al quran, undang-undangnya tidak ber-azaskan al quran maka negeri itu akan susah.

3. Allah ta’ala telah menurunkan al quran yang mulia kepada Rasulullah shalallahu’alaihi wa sallam sebagai upaya untuk menghilangkan kesusahan yang di alami umat manusia, serta melepaskan belenggu dan rantai yang mengikat umat-umat terdahulu.

 faedah hadits:
1. diperbolehkan menanyakan orang yang masuk ke rumah, baik laki maupun perempuan.
2. diperbolehkan menyebutkan permasalahan dihadapan orang yang berilmu agar dia memperbaiki yang salah dan memuji yang benar.
3. disunahkan memberikan kecaman ketika melihat kemunkaran.
4. tidak boleh menunda penjelasan jika sangat dibutuhkan pada saat itu.
5. banyak beribadah diluar kemampuan fisik dapat menimbulkan kejenuhan dan kebosanan, yang mengakibatkan jiwa tidak mau melakukannya lagi.
6. sedang dalam beribadah faktor pendukung keistiqamahan dalam beramal.
7. amalan yang paling disukai yang terus-menerus walaupun sedikit.
8. mengerjakan hal yamg mubah berpahala, jika diniatkan untuk memperkuat amal shaleh.

Kajian riyadush shalihin/ustadz Abu Usamah
masjid hijau/cilangkap
1 muharram 1437

Tidak ada komentar:

Posting Komentar